1. P E N D A H U L U A N
1.1. Latar
Belakang Masalah
Saat ini kebutuhan untuk memperoleh
informasi secara cepat dan mudah telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat
dunia, tanpa terkecuali bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi kalangan
pelajar, mahasiswa, pengusaha sampai ibu rumah tangga yang meniat untuk membeli
mobil. Salah satu informasi yang dibutuhkan masyarakat pada saat ini adalah
kebutuhan informasi promo dan jasa sales marketing dari Toyota Auto 2000
di Kramatjati.
Semakin berkembanganya teknologi, ini tentunya
akan menimbulkan kebutuhan informasi yang semakin tinggi akan kinerja para sales
marketing Toyota auto 2000 di Kramatjati untuk mendapatkan calon konsumen,
ditambah saat ini banyak masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan dan
informasi-informasi yang aktual dan terkini. Sehingga semakin bertambah lah
volume seorang sales marketing yang mengakibatkan para calon konsumen
sulit memilih untuk jasa seorang sales marketing yang mana.
Toyota Auto 2000
sudah menyediakan seorang sales marketing yang sudah profesional dibidang
tersebut. Sales
marketing adalah suatu bagian ( departemen ) yang bertugas sebagai pemasar
sekaligus sebagai penjual, dikatakan sebagai sales ( penjual ) karena mereka
bertanggung jawab terhadap :
-
Proses meyakinkan konsumen bahwa
produk-produk itu adalah apa yang dikehendaki oleh mereka (manajemen merek)
-
Menyalurkannya dari pembuatan ke
tempat pemakaian (distribusi)
-
Melakukan penjualan (manajemen
penjualan) dan
-
Mengajak lewat komunikasi
(pengiklanan)
Untuk itu,
dibutuhkan suatu system informasi yang dapat menginformasikan dan promosikan
secara online dan realtime dengan menggunakan internet, terutama promo
mobil Toyota.
Informasi
tersebut bisa berupa infoo mobil yang di promosikian, harga mobil yang dijual,
profil sales marketing, pelayanan Toyota dan tips-tips mengenai
keselamatan ataupun cara memeliharaan kendaraan agar tetap stabil. Aplikasi yang
akan dibuat adalah aplikasi system informasi tentang promo Toyota, produk Toyota
yang dijual, simulasi-simulasi perhitungan transaksi. Aplikasi ini menggunakan software
PHP Expert Editor 4.3 sebagai editor PHP, karena software ini lebih
mengkhususkan penggunaan PHP.
1.2. Identifikasi masalah
Strategi
pemasaran yang digunakan, misalkan memberi harga promosi bila membeli satu
jenis barang dalam jumlah tertentu atau bisa juga memberikan update barang
jenis baru ( new arival ).
Pengamatan
berikutnya diketahui bahwa pada waktu-waktu tertentu antrian konsumen untuk
membayar barang yang dibelinya, jarak tempat yang cukup sulit dijangkau atau,
sehingga banyak konsumen yang meras enggan karena lama menunggu untuk sampai ke
kasir. Strategi .yang dapat diambil adalah dengan pemberian jasa antar barang,
sekaligus perhitungan jumlah uang yang harus dibayarnya. Ini merupakan jasa
pelayanan yang amat dibutuhkan konsumen apalagi untuk konsumen yang sedang
sakit, malas melewati kemacatan atau pun cuaca sedang tidak mendukung, banyak
calon konsumen yang sebetulnya ingin membeli ( khususnya sudah menjadi
pelanggan ), namun tidak memiliki waktu maka sangat membutuhkan hal atau
pelayanan seperti ini.
1.3. Batasan masalah
- Aplikasi ini dibuat menggunakan
platform Website. Sehingga aplikasi ini hanya akan bisa dijalankan di perangkat
mobile ataupun PC server berbasis platform website.
- Aplikasi ini hanya menampilkan data /
sampel dari seorang sales marketing dari Toyota Auto2000 Kramatjati.
- Penulisan Ilmiah ini tidak membahas
keamanan database dan keamanan jaringan yang dibutuhkan untuk aplikasi.
1.4. Tujuan Penulisan
Membuat
Aplikasi Website dengan sistem E-Commerce Untuk Sales Marketing di Toyota
Auto2000 Kramatjati Jakarta Timur. Penulis membuat Aplikasi ini untuk
mempermudah pemberian informasi dengan sasaran pengguna yang mengoperasikan
sebuah perangkat mobile, PC server beserta gadget berbasis Web, sehingga dapat
membantu mempersingkat waktu dan meringankan biaya kepada para calon konsumen
dan para kolega untuk mendapatkan informasi dan jasa yang di tawarkan Sales
Marketing didalam website yang telah dibuat.
1.5. Metode Penelitian
Dalam penulisan
ilmiah ini. Penulis menerapkan pengembangan sistem SDLC (System Development
Life Cycle) Siklus Hidup Pengembangan Sistem adalah
proses pembuatan dan pengubahan system serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem
tersebut. Langkah – langkah SDLC sebagai berikut :
1.5.1. Perencanaan.
Penulis
merencanakan sebuah konsep yang ingin dibangun dalam pembuatan aplikasi
E-Commerce Sales Marketing di Toyota Auto2000 Kramatjati. Mengumpulkan
informasi - informasi yang terkait dengan aplikasi sehingga pengguna dapat
mengetahui informasi yang tertera pada E-Commerce Sales Marketing di Toyota
Auto2000 Kramatjati.
1.5.2. Analisis Kebutuhan
Penulis
menganalisa kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna mengenai informasi yang
berguna pada system E-Commerce Sales Marketing di Toyota Auto2000 Kramatjati
1.5.3. Desain Sistem
Proses desain
ini melakukan proses mendesain sistem yang akan di buat. Sehingga maksud dan
tujuan dari pembuatan aplikasi ini terpenuhi.
1.5.4. Implementasi
Aplikasi E-Commerce
Sales Marketing ini akan dibangun setelah prosen desain sistem telah terpenuhi.
Aplikasi ini akan di implementasikan pada Smartphone dengan spesifikasi yang
dibutuhkan.
1.1
SISTEMATIKA
PENULISAN
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam Bab ini
berisi tentang bahasan latar belakang, perumusan masalah, batasan permasalahan,
tujuan penulisan, metode penilitian dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini
membahas mengenai teori-teori LBS (location based service), pemograman java,
perancangan antarmuka menggunakan xml, dan sistem operasi android yang menjadi
acuan dalam pembuatan aplikasi ini.
BAB III : ANALISIS DAN PERANCANGAN
Bab ini
menjelaskan mengenai perancangan aplikasi yang akan dibuat dan uji coba
aplikasi dengan hasil kuisioner kepada yang bersangkutan dengan aplikasi yang
dibuat.
BAB IV : PENUTUP
Bab ini berisi
kesimpulan pembahasan penulisan dan saran – saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar