Jumat, 06 Juni 2014

Aplikasi E-Commers Sales Marketing Toyota Auto 2000 di Kramatjati pada Web Berbasis PHP



1.            P E N D A H U L U A N

1.1.         Latar Belakang Masalah
Saat ini kebutuhan untuk memperoleh informasi secara cepat dan mudah telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat dunia, tanpa terkecuali bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi kalangan pelajar, mahasiswa, pengusaha sampai ibu rumah tangga yang meniat untuk membeli mobil. Salah satu informasi yang dibutuhkan masyarakat pada saat ini adalah kebutuhan informasi promo dan jasa sales marketing dari Toyota Auto 2000 di Kramatjati.
 Semakin berkembanganya teknologi, ini tentunya akan menimbulkan kebutuhan informasi yang semakin tinggi akan kinerja para sales marketing Toyota auto 2000 di Kramatjati untuk mendapatkan calon konsumen, ditambah saat ini banyak masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan dan informasi-informasi yang aktual dan terkini. Sehingga semakin bertambah lah volume seorang sales marketing yang mengakibatkan para calon konsumen sulit memilih untuk jasa seorang sales marketing yang mana.
Toyota Auto 2000 sudah menyediakan seorang sales marketing yang sudah profesional dibidang tersebut. Sales marketing adalah suatu bagian ( departemen ) yang bertugas sebagai pemasar sekaligus sebagai penjual, dikatakan sebagai sales ( penjual ) karena mereka bertanggung jawab terhadap :
-                      Proses meyakinkan konsumen bahwa produk-produk itu adalah apa yang dikehendaki oleh mereka (manajemen merek)
-                      Menyalurkannya dari pembuatan ke tempat pemakaian (distribusi)
-                      Melakukan penjualan (manajemen penjualan) dan
-                      Mengajak lewat komunikasi (pengiklanan)
Untuk itu, dibutuhkan suatu system informasi yang dapat menginformasikan dan promosikan secara online dan realtime dengan menggunakan internet, terutama promo mobil Toyota.
Informasi tersebut bisa berupa infoo mobil yang di promosikian, harga mobil yang dijual, profil sales marketing, pelayanan Toyota dan tips-tips mengenai keselamatan ataupun cara memeliharaan kendaraan agar tetap stabil. Aplikasi yang akan dibuat adalah aplikasi system informasi tentang promo Toyota, produk Toyota yang dijual, simulasi-simulasi perhitungan transaksi. Aplikasi ini menggunakan software PHP Expert Editor 4.3 sebagai editor PHP, karena software ini lebih mengkhususkan penggunaan PHP.

1.2.      Identifikasi masalah
Strategi pemasaran yang digunakan, misalkan memberi harga promosi bila membeli satu jenis barang dalam jumlah tertentu atau bisa juga memberikan update barang jenis baru ( new arival ).
Pengamatan berikutnya diketahui bahwa pada waktu-waktu tertentu antrian konsumen untuk membayar barang yang dibelinya, jarak tempat yang cukup sulit dijangkau atau, sehingga banyak konsumen yang meras enggan karena lama menunggu untuk sampai ke kasir. Strategi .yang dapat diambil adalah dengan pemberian jasa antar barang, sekaligus perhitungan jumlah uang yang harus dibayarnya. Ini merupakan jasa pelayanan yang amat dibutuhkan konsumen apalagi untuk konsumen yang sedang sakit, malas melewati kemacatan atau pun cuaca sedang tidak mendukung, banyak calon konsumen yang sebetulnya ingin membeli ( khususnya sudah menjadi pelanggan ), namun tidak memiliki waktu maka sangat membutuhkan hal atau pelayanan seperti ini.

1.3.      Batasan masalah
-           Aplikasi ini dibuat menggunakan platform Website. Sehingga aplikasi ini hanya akan bisa dijalankan di perangkat mobile ataupun PC server berbasis platform website.
-           Aplikasi ini hanya menampilkan data / sampel dari seorang sales marketing dari Toyota Auto2000 Kramatjati.
-           Penulisan Ilmiah ini tidak membahas keamanan database dan keamanan jaringan yang dibutuhkan untuk aplikasi.

1.4.      Tujuan Penulisan
Membuat Aplikasi Website dengan sistem E-Commerce Untuk Sales Marketing di Toyota Auto2000 Kramatjati Jakarta Timur. Penulis membuat Aplikasi ini untuk mempermudah pemberian informasi dengan sasaran pengguna yang mengoperasikan sebuah perangkat mobile, PC server beserta gadget berbasis Web, sehingga dapat membantu mempersingkat waktu dan meringankan biaya kepada para calon konsumen dan para kolega untuk mendapatkan informasi dan jasa yang di tawarkan Sales Marketing didalam website yang telah dibuat.

1.5.      Metode Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini. Penulis menerapkan pengembangan sistem SDLC (System Development Life Cycle) Siklus Hidup Pengembangan Sistem adalah proses pembuatan dan pengubahan system serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Langkah – langkah SDLC sebagai berikut :

1.5.1.   Perencanaan.
Penulis merencanakan sebuah konsep yang ingin dibangun dalam pembuatan aplikasi E-Commerce Sales Marketing di Toyota Auto2000 Kramatjati. Mengumpulkan informasi - informasi yang terkait dengan aplikasi sehingga pengguna dapat mengetahui informasi yang tertera pada E-Commerce Sales Marketing di Toyota Auto2000 Kramatjati.

1.5.2.   Analisis Kebutuhan
Penulis menganalisa kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna mengenai informasi yang berguna pada system E-Commerce Sales Marketing di Toyota Auto2000 Kramatjati

1.5.3.   Desain Sistem
Proses desain ini melakukan proses mendesain sistem yang akan di buat. Sehingga maksud dan tujuan dari pembuatan aplikasi ini terpenuhi.

1.5.4.   Implementasi
Aplikasi E-Commerce Sales Marketing ini akan dibangun setelah prosen desain sistem telah terpenuhi. Aplikasi ini akan di implementasikan pada Smartphone dengan spesifikasi yang dibutuhkan.





1.1              SISTEMATIKA PENULISAN

BAB I              : PENDAHULUAN
Dalam Bab ini berisi tentang bahasan latar belakang, perumusan masalah, batasan permasalahan, tujuan penulisan, metode penilitian dan sistematika penulisan.

BAB II             : LANDASAN TEORI
Bab ini membahas mengenai teori-teori LBS (location based service), pemograman java, perancangan antarmuka menggunakan xml, dan sistem operasi android yang menjadi acuan dalam pembuatan aplikasi ini.

BAB III            : ANALISIS DAN PERANCANGAN
Bab ini menjelaskan mengenai perancangan aplikasi yang akan dibuat dan uji coba aplikasi dengan hasil kuisioner kepada yang bersangkutan dengan aplikasi yang dibuat.

BAB IV           : PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan pembahasan penulisan dan saran – saran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar