Manager
adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam
organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi
memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology).
Dan tugas seorang manager adalah bagaimana
mengintegrasikan berbagai macam variabel (karakteristik, budaya, pendidikan dan
lain sebagainya) kedalam suatu tujuan organisasi yang sama dengan cara
melakukan mekanisme penyesuaian.
Adapun mekanisme yang diperlukan untuk menyatukan variabel diatas adalah sebagai berikut:
Adapun mekanisme yang diperlukan untuk menyatukan variabel diatas adalah sebagai berikut:
·
Pengarahan (direction) yang mencakup
pembuatan keputusan kebijaksanaan, supervisi, dan lain-lain.
·
Rancangan organisasi dan pekerjaan.
·
Seleksi, pelatihan, penilaian, dan
pengembangan.
·
Sistem komunikasi dan pengendalian.
·
Sistem reward.
Hal tersebut memang tidak mengherankan karena
posisi Manajer Proyek memegang peranan kritis dalam keberhasilan sebuah proyek
terutama di bidang teknologi informasi. Berikut ini kualifikasi teknis maupun
nonteknis yang harus dipenuhi seorang Manajer Proyek yang saya sarikan dari IT
Project Management Handbook.
Setidaknya ada 3 (tiga) karakteristik yang dapat
digunakan untuk mengukur tingkat kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer
Proyek yaitu:
·
Karakter Pribadinya
·
Karakteristik Kemampuan Terkait
dengan Proyek yang Dikelola
·
Karakteristik Kemampuan Terkait
dengan Tim yang Dipimpin
Karakter Pribadinya
1.
Memiliki pemahaman yang menyeluruh
mengenai teknis pekerjaan dari proyek yang dikelola olehnya.
2.
Mampu bertindak sebagai seorang
pengambil keputusan yang handal dan bertanggung jawab.
3.
Memiliki integritas diri yang baik
namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung di lingkungan tempat dia
bekerja.
4.
Asertif
5.
Memiliki pengalaman dan keahlian yang
memadai dalam mengelola waktu dan manusia.
Karakteristik
Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
1.
Memiliki komitmen yang kuat dalam
meraih tujuan dan keberhasilan proyek dalam jadwal, anggaran dan prosedur yang
dibuat.
2.
Pelaksanakan seluruh proses
pengembangan proyek IT sesuai dengan anggaran dan waktu yang dapat memuaskan
para pengguna/klien.
3.
Pernah terlibat dalam proyek yang
sejenis.
4.
Mampu mengendalikan hasil-hasil
proyek dengan melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja yang disesuaikan dengan
standar dan tujuan yang ingin dicapai dari proyek yang dilaksanakan.
5.
Membuat dan melakukan rencana
darurat untuk mengantisipasi hal-hal maupun masalah tak terduga.
6.
Membuat dan menerapkan keputusan
terkait dengan perencanaan.
7.
Memiliki kemauan untuk
mendefinisikan ulang tujuan, tanggung jawab dan jadwal selama hal tersebut
ditujukan untuk mengembalikan arah tujuan dari pelaksanaan proyek jika terjadi
jadwal maupun anggaran yang meleset.
8.
Membangun dan menyesuaikan kegiatan
dengan prioritas yang ada serta tenggat waktu yang ditentukan sebelumnya.
9.
Memiliki kematangan yang tinggi
dalam perencanaan yang baik dalam upaya mengurangi tekanan dan stres sehingga
dapat meningkatkan produktifitas kerja tim.
10. Mampu
membuat perencanaan dalam jangka panjang dan jangka pendek.
11. Karakteristik
Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin
12. Memiliki
kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta manajerial.
13. Mampu
menyusun rencana, mengorganisasi, memimpin, memotivasi serta mendelegasikan
tugas secara bertanggung jawab kepada setiap anggota tim.
14. Menghormati
para anggota tim kerjanya serta mendapat kepercayaan dan penghormatan dari
mereka.
15. Berbagi
sukses dengan seluruh anggota tim.
16. Mampu
menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai.
17. Memberikan
apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang bekerja dengan baik.
18. Mampu
mempengaruhi pihak-pihak lain yang terkait dengan proyek yang dipimpinnya untuk
menerima pendapat-pendapatnya serta melaksanakan rencana-rencana yang
disusunnya.
19. Mendelegasikan
tugas-tugas namun tetap melakukan pengendalian melekat.
20. Memiliki
kepercayaan yang tinggi kepada para profesional terlatih untuk menerima
pekerjaan-pekerjaan yang didelegasikan darinya.
21. Menjadikan
dirinya sebagai bagian yang terintegrasi dengan tim yang dipimpinnya.
22. Mampu
membangun kedisiplinan secara struktural.
23. Mampu
mengidentifikasi kelebihan-kelebihan dari masing-masing anggota tim serta
memanfaatkannya sebagai kekuatan individual.
24. Mendayagunakan
setiap elemen pekerjaan untuk menstimulasi rasa hormat dari para personil yang
terlibat dan mengembangkan sisi profesionalisme mereka.
25. Menyediakan
sedikit waktu untuk menerima setiap ide yang dapat meningkatkan kematangan
serta pengembangan dirinya.
26. Selalu
terbuka atas hal-hal yang mendorong kemajuan.
27. Memahami
secara menyeluruh para anggota tim yang dipimpinnya dan mengembangkan komunikasi
efektif di dalamnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar